Profil


Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Undana
(2012-Sekarang)
Drs. Priyono, M.Si


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNDANA
VISI
Visi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin adalah Teknik Mesin menjadi Program Studi yang handal untuk menghasilkan lulusan yang profesional, bermutu, bermoral dan berbudaya, kreatif, inovatif dan produktif untuk mengembangkan IPTEKS yang sejalan dengan Tridharma Perguruan Tinggi.

MISI
  1. Menciptakan suatu pengelolaan pendidikan dengan iklim yang kondusif, dinamis dan produktif dalam tatanan kehidupan ilmiah di bidang Pendidikan Teknik Mesin.
  2. Menghasilkan lulusan tenaga kependidikan teknik mesin yang bermutu, bermoral dan berwawasan imiah yang mampu mengisi lapangan kerja sebagai tenaga kependidikan (guru teknik mesin), teknotrat atau berwirausaha sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki.
  3. Mendorong kemajuan penelitian dalam bidang keteknikan mesin dan atau pendidikan teknik yang menopang kemajuan IPTEKS.
  4. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan IPTEKS untuk meningkatkan kualitas pendidikan teknik dan kesejahteraan masyarakat.
  5. Memperluas dan meningkatkan kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan kejuruan, lembaga pemerintah, dunia usaha dan industri dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan teknik mesin.

SASARAN
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki Indek Prestasi Komulatif (IPK) rata-rata 2,75 hingga mencapai 3,00.
  2. Menghasilkan lulusan sarjana Pendidikan Teknik Mesin yang berkemampuan plus yaitu menguasai penguasaan teknologi Pabrikasi, Otomotif dan Komputasi.
  3. Memperpendek masa studi dari 6,24 tahun menjadi kurang dari 6,0 tahun.
  4. Mempercepat waktu penyelesaian tugas akhir dari rerata 10,10 bulan menjadi 9,0 bulan.
  5. Memperluas jejaring informasi dalam upaya memperluas lapangan kerja, baik sebagai tenaga pengajar maupun wirausahawan.
  6. Pengadaan dan pemeliharaan saran penunjang pendidikan dan pengajaran.
  7. Peningkatan usulan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  8. Peningkatan penulisan artikel ilmiah, buku ajar dan referensi.
  9. Dosen berpendidikan S2 dari 55 % menjadi 88,88 di tahun 2011 dan untuk 5 tahun ke depan diharapkan sudah ada yang berkualifikasi S3 atau sedang menempuh Program S3.

TUJUAN
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian tinggi, kreatif, inovatif, produktif dan professional; memiliki kemampuan bekerja sebagai tenaga pendidik atau wirausahawan atau mampu meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi; mempunyai motivasi untuk mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan di bidang teknik mesin serta mampu menghasilkan karya IPTEK dan kreasi seni yang inovatif.
  2. Peningkatan kualitas dosen/tenaga akademik.
  3. Peningkatan kualitas dan kuantitas sarana penunjang pembelajaran.
  4. Peningkatan relevansi kurikulum dengan kebutuhan.
  5. Peningkatan kuantitas dan kualitas hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran Program Studi Teknik Mesin menggunakan Kurikulum Inti dan Kurikulum Institusional 2003, dengan jumlah total 156 Satuan Kredit Semester (SKS). Program Studi Teknik Mesin memiliki 9 Dosen Tetap dan dibantu oleh 10 Dosen Luar Biasa. Dari 9 dosen tetap, yang berkualifikasi S3 : 5 orang dan S1 : 4 orang, sedangkan dosen luar biasa S3:1 orang, S2:5 orang dan S1:4 orang. Komposisi kepangkatan dosen tetap adalah golongan IV/c : 1 orang;  IV/b : 1 orang; IV/a : 2 orang; III/d : 2 orang; III/c : 2 orang; III/b : 1 orang.
Selama 3 tahun terakhir jumlah penelitian yang dilakukan oleh staf pengajar sebanyak 2 judul dengan sumber dana PNBP/DIPA Undana.Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat untuk 3 tahun terakhir berjumlah 17 judul dengan melibatkan dosen sebanyak 73 orang. Sumber dana berasal Dana Rutin Undana (DIPA/PNBP), DP2M DIKTI, LIPI dan Ditjen PLS DEPDIKNAS.
Jumlah mahasiswa Prodi Teknik Mesin sebanyak 143 orang, terdiri atas laki-laki 143 orang dan perempuan 3 orang. Rasio dosen dan mahasiswa 1≈16, dipandang rasio ideal sesuai dengan rasio nasional. Sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui UMPTN/SPMB, PMDK dan Transfer.Berdasarkan hasil pembelajaran menunjukkan IPK kelulusan mencapai rata-rata 2,66  dengan rata-rata lama studi 12,17 semester. Guna menciptakan suasana akademis yang kondusif di program studi, mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan seminar ilmiah jurusan/program studi, menciptakan proses belajar-mengajar yang dialogis, dan memfasilitasi kegiatan mahasiswa.
rodi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar